Kamis, 01 Mei 2014

Rencana Pemasaran..

Marketing Plan atau Rencana Pemasaran merupakan cara bagaimana kita mencapai sasaran pemasaran. Hal tersebut adalah penerapan strategi, sekaligus roadmap yang akan memandu kita dari satu titik ke titik lainnya. Rencana pemasaran adalah soal “bagaimana” kita mencapai tujuan pemasaran. Cause setiap bisnis membutuhkan rencana pemasaran..
Persoalannya, kebanyakan orang berusaha untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan, baik waktu maupun uang. Ketika berbicara tentang pemasaran, kita harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggali bagaimana. Strategi adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan. Disini saya akan memberikan sebuah studi kasus dari rencana pemasaran. Rencana pemasaran berikut adalah sebuah rencana pemasaran bisnis kecil yaitu dealer pulsa elektrik  yang saya jalankan.

Bisnis Mudah yang Menjanjikan..
Secara teknis, misi adalah pembukaan dari seluruh Rencana bisnis, sebagai bagian dari Rencana Pemasaran. Bagian tersebut dimasukkan disini sebagai informasi untuk pembaca…
Misi  yang saya tuangkan disini dengan Meningkatkan  keejahteraan masyarakat dengan usaha/kerja dan melahirkan Entrepreneur-entrpreneur yang bergerak dalam komunikasi.
Adapun latar belakangnya. Dalam dunia bisnis, pemasaran pulsa elektrik memang mempunyai peranan yang sangat penting. Salah satu peranannya bagaimana mendapatkan downline dan ketertarikan dari konsumen untuk berbelanja produk kita. Bahkan, tidak sedikit dari dealer yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik pelanggan misalnya di beri modal dulu. Bisnis pulsa saat ini merupakan salah satu bisnis yang cukup prosepektif, hal inipun ditandai dengan banyaknya orang-orang yang membuka agen penjualan pulsa dimana-mana baik berskala kecil ataupun besar. Kebutuhan pokok yang terbaru adalah kebutuhan akan “Sarana Telekomunikasi”. Pulsa adalah salah satu "nyawa" dari alat komunikasi berupa handphone. Munculnya Sarana Telekomunikasi menjadi bagian elemen kebutuhan dapat dilihat dari jumlah pemilik handphone dan pelanggan cellular aktif yang mencapai angka lebih dari 100 juta pelanggan.

Jenis Usaha yang saya jalankan adalah menjual berbagai macam pulsa dengan harga yang terjangkau. Adapun Prospek Usaha Bisnis yang saya jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini Teknologi semakin berkembang dan maju. Makin berkembang dan maju nya teknologi dan komunikasi, mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di bidang Pulsa. Usaha yang didirikan masih termasuk usaha kecil-kecilan dan hanya dijual disekitar  lingkungan perkuliahan dan lingkungan perkantoran kedua orangtua saya.

       Promosi dan pengembangan produk, Pemasaran yang paling mudah dan murah adalah dari mulut ke mulut. Dimulai dari orang-orang terdekat. Menjalin Komunikasi dengan Orang Lain Maksudnya agar tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha, tentunya mata-mata dalam arti positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran. Strategi penjualan personal (Personal Selling). Cara ini memanfaatkan relasi dan pelanggan yang merasa puas terhadap jasa saya untuk menjalankan promosi. Sehingga secara otomatis terjadi promosi dari mulut ke mulut yang dijalankan oleh para mitra bisnis yaitu para pelanggan.

Strategi Pemasaran yang dilakukan melakukan penjualan produk ini secara tunai. Agen-agen pulsa yang mengambil produk kami akan diberikan pelayanan terbaik berupa kelancaran pengiriman pulsa secara cepat, dan sedikit kemungkinan adanya trouble. UPT (Unit Selling Point ) yang kita berikan adalah apabila dalam satu minggu agen-agen pulsa yang bergabung dengan kami melakukan deposit sebesar Rp 1.000.000,- maka akan mendapatkan bonus pulsa sebesar Rp 5.000,- (kelipatan satu juta).

Analisa Usaha, Bisnis counter hp (penjualan pulsa ) dan printing ini memang sudah banyak dipasaran, akan tetapi orang-orang yang memerlukannya pun masih sangat banyak bahkan dapat terus bertambah. Sehingga bisnis ini masih memiliki prospek yang baik dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Ditambah lagi bila cara promosi dan pemasarannya berbeda dari UKM lain yang sudah ada dan memiliki ciri khas, maka akan dapat menambah minat masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung tertarik terhadap hal-hal yang baru dan unik.

Analisa  Persaingan dalam dagang tidak pernah bisa dan tidak perlu dihindari. Menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk dapat membendung dan memenangkan persaingan di dunia bisnis pemasaran ini, pulsa merupakan kebutuhan primer pada zaman sekarang. Oleh karen aitu banyak sekali dealer – dealer maupun agen-agen pulsa yang bermunculan. Dengan banyaknya pesaing, maka tidak mudah ketika mengajak agen-agen untuk bergabung dengan dealer lainnya, jika sebelumnya sudah ikut dealer yang lain
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar