Kamis, 29 Mei 2014

Perencanaan Organisasi Kewirausahaan..


   A. KARAKTERISTIK UMUM PERENCANAAN
Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi  untuk mencapai tujuannya.  Akan tetapi, Tujuan mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. Program perencanaan mempunyai banyak keuntungan. Pertama adalah membantu wirausahwan berorientasi masa depan. Kedua, koordinasi keputusan. Fungsi perencanaan membantu wirausahawan daam usahanya mengkoordinasi keputusan. Ketiga, perencanaan menekankan tujuan organisasional.

 B. JENIS – JENIS PERENCANAAN
     Aktivitas perencanaan bisa dibagi menjadi dua: perencanaan taktis dan perencanaan strategis.
Perencanaan strategis : Perencanaan strategis adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan. Wirausahawan memandang organisasi sebagai suatu unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukan dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Jangka panjang didefinisikan sebagai periode waktu antara 3 sampai 5 tahun mendatang.

Manajemen Strategis : Manajemen strategis didefinisikan sebagai proses yang menjamin bahwa proses dan manfaat organisasi dari penggunaan strategi organisasional yang tepat guna. Proses manajemen strategis umumnya terdiri dari empat langkah yang berurutan dan kontinyu :
§   Perumusan strategi
§  Implementasi strategi
§  Pengukuran hasil strategi
§  Evaluasi strategi

Perencanaan taktis : Perencanaan taktis adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Jangka pendek adalah kurun waktu kedepan yang berkisar satu tahun atau kurang. Wirausahawan menggunakan perencanaan taktis untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian dari organisasi untuk mencapai keberhasilan jangka waktu satu tahun atau kurang.

C. PERENCANAAN DAN TINGKATAN MANAJEMEN
Manajemen puncak dari suatu organisasi mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan atau tidak. Walaupun semua tingkatan manajemen terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah. Langkah-langkah dalam proses perencanaan. Proses perencanaan mengandung enam langkah, yaitu :
1. Menyatakan tujuan organisasi suatu pernyataan tujuan organisasional yang jelas
2. Memilih berbagai cara alternatif untuk mencapai tujuan
3. Mengembangkan premis yang menjadi dasar alternatif
4. Memilih alternatif terbaik untuk mencapai tujuan suatu evaluasi alternatif
5. Pengembangan rencana berdasar alternatif yang dipilih sesudah alternatif dipilih
6. Memfungsikan rencana-rencana

D. PENDEKATAM-PENDEKATAN DALAM PERENCANAAN
Tingkatan pendekatan atau filsafat dasar untuk melaksanakan fungsi perencanaan adalah :
1. Pendekatan probabilitas tinggi
2. Pendekatan maksimisasi
3. Pendekatan adaptasi
4. Pendekatan mana yang harus digunakan
                                                
E. RENCANA-RENCANA
Suatu rencana adalah suatu tindakan tertentu yang diusulkan untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. Perencanaan, proses evaluasi semua informasi yang relevan, dan penilaian perkembangan masa depan yang mungkin, menghasilkan suatu pernyataan mengenai arah tindakan yang direkomendasikan suatu rencana. suatu rencaba mempunyai empat dimensi besar yaitu :
·      Perluangan Dimensi
·      Waktu Dimensi
·      Jangkauan Dimensi
·      Tingkatan Dimensi

F.  JENIS – JENIS RENCANA
Dengan menggunakan dimensi perluangan sebagai pendoman, rencana – rencana organisasional biasanya di bagi menjadi dua tipe rencana tetap dan rencana sekali pakai. Rencana Tetap digunakan berulang-ulang karena rencana tersebut difokuskan pada situasi organisasional yang terjadi berulang-ulang, sedangakan Rencana sekali pakai hanya digunakan sekali atau beberapa kali karena rencana tersebut di fokuskan untuk  berhubungan dengan situasi yang relative unik dalam organisasi.
·   Rencana Tetap
·   Rencana Sekali Pakai 

G. ALAT – ALAT PERENCANAAN
Alat –alat perencanaan adalah teknik yang bisa digunakan oleh wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencana-rencana.
§  Peramalan (Forecasting)
Peramalan adalah teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi. Walaupun teknik peramalan yang cangih relative modern, konsep peramalan bisa ditelusuri kembali sekurang-kurangnya pada literature manajemen dari fayol. Arti penting peramalan terletak pada kemampuannya untuk membantu wirausahawan mengerti dengan lebih baik perbaikan masa depan dari lingkungan organisasional yang pada gilirannya membantu wirausahawan untuk merumuskan rencana-rencana yang lebih efektif.

§  Metode Analisa Runtun Waktu
Metode analisa runtun waktu memprediksi penjualan dimasa mendatang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan. Informasi menunjukan hubungan antara waktu dan penjualan biasanya disajikan dalam grafik. Penyajian ini dengan jelas menunjukan kecenderungan dimasa lalu yang bisa digunakan untuk meramal penjualan dimasa mendatang.

§  Penjadwalan (scheduling)
Pada dasarnya penjadwalan adalah proses perumusan daftar aktivitas yang mendetail yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi. Daftar aktivitas tersebut merupakan bagian integral dari rencana organisasional.

http://zhagitoloh.blogspot.com/2012/01/perencanaan-organisasi-kewirausahaan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar